2 Cara Efektif Menonaktifkan Fitur SafeSearch di PC dan HP

SiteruTekno

Hampir semua orang di dunia ini tahu dan mengenal Google. Sebagai mesin pencari raksasa dan terlengkap di dunia ini selalu menjadi yang nomor satu sebagai pilihan banyak orang untuk mencari sesuatu di internet. Kamu bisa mencari informasi apapun dengan mudah melalui mesin pencari google.

Walaupun di era sekarang informasi mudah sekali didapatkan, ada banyak sekali sisi negatif yang harus di filter oleh Google. Pasalnya tidak hanya informasi yang bersifat positif, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang negatif bahkan mungkin berbahaya salah satunya seperti situs judi yang tentu tidak layar untuk orang di bawah umur.

Oleh karena itu google selalu fokus untuk meningkatkan pengalaman user dengan membuat perangkat yang aman untuk berbagai kalangan. Tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga untuk orang yang masih di bawah umur. Untuk mengatasi hal tersebut, google membuat sebuah fitur yang bernama SafeSearch dengan tujuan untuk memfilter konten yang tidak pantas agar tidak muncul di serp Google. Pada dasarnya fitur safesearch selalu aktif pada browser Google Chrome.

Namun sayangnya dengan keuntungan dari segi keamanan dalam mencari informasi, ada saja orang yang malah terganggu dengan fitur ini. Jika kamu adalah salah satunya, kamu bisa menonaktifkan fitur yang satu ini dengan mudah. Pada artikel ini, siterutekno akan memberikan cara mudah untuk mematikan fitur SafeSearch di Google Chrome, Fire Fox versi PC dan juga HP.

Keuntungan Menonaktifkan Fitur Safe Search

Sebelum kita mulai tutorial cara menonaktifkannya, kami akan memberi tahu dulu kepada anda apa saja keuntungannya jika anda mematikan fitur tersebut. Mungkin kamu akan berpikir bahwa fitur SafeSearch harusnya bagus untuk menyaring dan menyembunyikan konten yang tidak pantas. Tapi ternyata ada beberapa kondisi dimana kamu mungkin lebih nyaman ketika fitur tersebut dinonaktifkan. Berikut ini adalah keuntungannya:

1. Hasil Pencarian Di Google Lebih Banyak dan Bervariasi

Dengan nonaktifnya fitur tersebut, hasil pencarian yang kamu lakukan di Google akan lebih banyak dan bervariasi. Karena tidak ada filter yang menyaring konten-konten yang kamu cari. Namun, tidak semua informasi yang kamu butuhkan akan muncul pada halaman pencarian google walaupun fitur Safe Search dimatikan.

2. Berguna Untuk Menghindari False Positive

Walaupun bekerja dengan sangat baik, fitur SafeSearch ternyata tidak 100% akurat. Faktanya beberapa konten negatif masih bisa kita temukan di pencarian google dan lolos dari filter. Dan bahkan beberapa konten positif yang seharusnya tidak terkena filter malah tidak muncul di serp. Hal tersebut dinamakan dengan false positif. Jika kamu sudah berumur diatas 17, tidak ada salahnya kamu mematikan fitur ini untuk eksperien pencarian yang lebih baik.

Menonaktifkan SafeSearch di Google Chrome versi PC dan Laptop

Sekarang mari kita bahas cara mematikan fitur yang satu ini yaitu di perangkat laptop dan PC. Bagi kamu yang lebih sering menggunakan laptop atau PC untuk kegiatan searching di google, cara ini untuk kamu:

  1. Buka browser Google Chrome di PC atau laptop kamu dan kunjungi halaman https://www.google.com/preferences.
  2. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui Setting dan pilih opsi Search Settings.
  3. Setelah kamu berada pada halaman tersebut, hilangkan centang pada kotak opsi Turn on Safe Search.
  4. Silahkan ubag opsi Private Result menjadi Use Private Results (opsional untuk membantu kamu mendapatkan informasi yang lebih relevan).
  5. Jika sudah, kamu bisa scroll ke bawah dan tekan Save untuk menyimpan perubahan.

Menonaktifkan SafeSearch di Google Chrome versi HP atau Tablet Android

Selanjutnya kami berikan tutorial cara mematikan SafeSearch untuk kamu yang lebih sering menggunakan HP atau tablet ketika searching di Google Chrome. Ikuti panduan di bawah ini dengan benar untuk menonaktifkannya:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome di smartphone atau Tablet Android kamu.
  2. Kemudian pilih menu More atau titik tiga dan pilih opsi Settings.
  3. Scroll ke bawah dan temukan laman General, dari laman tersebut cari fitur SafeSearch dan matikan toggle tersebut.
  4. Pastikan toggle SafeSearch sudah berwarna abu yang berarti kamu sduah berhasil menonaktifkannya.
  5. Sekarang kembali ke halaman utama karena sudah tersimpan otomatis.

Kamu juga bisa menerapkan cara tersebut untuk mematikan safe search di browser lainnya seperti Mozilla Fox. Bagaimana mudah bukan untuk mematikan fitur SafeSearch Google agar pencrian kamu lebih bervariatif. Untuk mengaktifkannya kamu bisa mengikuti panduan diatas dan lakukan kebalikannya. 

Sekian artikel yang bisa siterutekno bagikan untuk kamu yang ingin menonaktifkan SafeSearch. Kamu bisa mengunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya setiap hari, terimakasih.

Bagikan:

Tags

SiteruTekno

Membahas semua Informasi Teknologi Terbaru

Leave a Comment